Tulisan Berjalan

SELAMAT DATANG DI BLOG KOMANDAN KUNCORO

Monday 30 May 2011

Mahasiswa ITS Sosialisasi Temuan Baru

 
Sabtu, 28 Mei 2011 20:48:09 WIB
Reporter : Misti P.

Mojokerto (beritajatim.com) - Terobosan terbaru bagi dunia pertanian ditemukan mahasiswa Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS). Sebanyak tiga orang mahasiswa ITS mensosialisasikan mikoriza kepada petani di Desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Ketua Pelaksana, Ainin Shofa Marfah (20) mengatakan, mikoriza merupakan suatu cendawan yang berasosiasi dengan akar tanaman yang mampu membantu dalam penyerapan nutrisi dan zat hara. ''Fungsinya untuk mempercepat pertumbuhan tanahan dengan baik, sehingga membantu dalam sektor pertanian,'' ungkapnya, Sabtu (28/05/2011).

Namun, masih kata Ainin, mikoriza belum banyak diketahui para petani. Untuk itu, tiga mahasiswa Fakultas Biologi semester VI dan Fakultas Teknologi Informasi semester IV ITS ini mensosialisasikan mikoriza kepada para petani. Acara yang dihadiri Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kabupaten Mojokerto ini diharapkan bisa para petani bisa mengetahui bagaimana kerja mikoriza.

''Dengan sosialisasi ini, diharapkan para petani mengaplikasikan agar tanamannya bisa cepat tumbuh bagus karena mikoriza sudah dipakai para petani di negara Eropa dan Amerika. Disini kita juga mengajarkan untuk membuka internet, sehingga mereka bisa konsultasi dengan kami melalui micoweb,'' katanya.

Menurutnya, sistem tersebut sangat bagus untuk membantu petani agar mengetahui, konsultasi secara online dan juga bisa mencari content yang diinginkan. Seperti pembuahan, daun dan batang tanaman. [tin/but]

No comments:

Post a Comment